3 Hal Penting dalam Sebuah Kerja Kelompok

Halo Selamat Malam!

Sepertinya jadwal ngeblog gue akan berubah menjadi malam hari nihhh. Btw kalo boleh curhat dikit gue lagi panik dan pusing banget nih karena lagi diserbu berbagai tugas untuk minggu depan 😦 ngomong-ngomong soal tugas, gue ngerasa banget nih di kuliah tugasnya kelompok mulu. Mulai dari bikin makalah sampe presentasi pasti berkelompok. Terus bukan tugas kuliah aja yg berkelompok, tapi ada juga nih tugas organisasi dan kepanitiaan. Sejujurnya gue lebih seneng tugas kelompo sih, selain bebannya yang bisa dibagi-bagi, gue juga bisa banyak belajar karakteristik orang-orang. Nah kayaknya topik kali ini yang mau gue bahas tentang hal-hal penting yang perlu kita perhatikan dalam sebuah kerja kelompok deh, okedeh langsung aja, berikut poin-poinnya:

  1. Ketua Kelompok

Peran seorang ketua kelompok itu menurut gue sangat penting dan berpengaruh dalam keberlangsungan sebuah tugas. Gue baru sadar sih, kayaknya selama ini gue kerja kelompok jarang banget nentuin siapa ketuanya gitu2, langsung jalan gitu aja bagi2 tugas wkwkwk mungkin buat kedepannya gue akan coba mengusulkan deh ke temen-temen (semoga ada yang mau….). Tapi serius menurut gue adanya seorang ketua kelompok itu bagus banget, dia bisa bertugas untuk mengontrol pembagian tugas ke anggota lainnya, bisa reminder deadline, bisa jadi motivator buat kelompoknya mungkin wkwkwk jadi  diharapkan kerja kelompok akan lebih efektif deh. Kalo menurut kalian yang baca nih, perlu gak sih adanya ketua kelompok? (jawab yaaa…bisa lewat comment/chat/ngomong langsung ke gua kalo ketemu)

 

  1. Toleransi dan Saling Pengertian

Nah ini sih menurut gue kunci yang harus selalu kita pegang selama kerja kelompok; SALING PENGERTIAN. Gak selamanya orang bisa ngerjain tugasnya sesuai sama harapan lo. Mau gak mau, suka gak suka lo harus bisa belajar nerima hasil kerja oranglain dan mengapresiasinya. Kita semua pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing kan, nah dalam sebuah kerja kelompok gue belajar bagaimana caranya bisa memback up kekurangan2 satu sama lain agar tidak menimbulkan suatu hal yg merugikan. Contohnya: si A punya kebiasaan deadliner dan pelupa akut tapi sebenernya si A tuh pinter banget, jago lah bikin presentasi menarik, sementara si B punya kebiasaan bikin to-do-list nih orangnya terstuktur banget tapi dia kalo bikin ppt suka kurang menarik gitu. Nah si B bisa ngebantu ngingetin terus si A akan tugasnya dan sebaliknya, si A bisa banget ngebantu si B dalam pembuatan presentasi yang menarik sehingga tugasnya akan selesai tepat waktu dengan hasil yang menarik.

 

  1. Jangan Mendominasi

Hal yang gue sukai dalam sebuah kerja kelompok adalah gue bisa belajar memahami karakteristik orang-orang dan merefleksikan diri gue sendiri. Sejauh ini gue gak terlalu nyaman kerjasama dengan tipe orang yang mendominasi dan gak mau dengerin masukan orang lain. Bahkan sampe saat ini gue masih bingung ngehadepin orang tipe tersebut, gue biasanya langsung ngerjain yang emang tugas gue -> gue sampein ke kelompok -> yaudah terserah mau diterima atau nggak. Gue males debat sama orang-orang kayak gitu karena ujung2nya kalo gak sesuai sama yang dia mau, biasanya gak diterima. Tapi makin kesini sih gue udah jarang ketemu orang2 tipe kayak gini Alhamdulillah

 

Yaudah kayaknya segitu aja yaa opini dari gua, sejujurnya tulisan gue kali ini gue jadikan bahan refleksi diri sekaligus pengingat buat gue pribadi……yaaa semoga tulisan ini juga bisa bermanfaat untuk kalian yang baca 🙂 Semangat terus untuk kita semuaaaa, mari kita tuntaskan tugas kita satu persatu!!!!!

Leave a comment