Are You A Good Listener?

1689466-Ralph-G-Nichols-Quote-The-most-basic-of-all-human-needs-is-the.jpg

Jika ditanya apa yang sudah saya dapat dari kegiatan-kegiatan organisasi yang pernah saya ikuti, tentu saja saya akan menjawab banyak hal. Salah satunya adalah saya belajar untuk menghargai orang lain. Belajar untuk bisa mendengarkan orang lain. Ya, saya baru sadar bahwa kemampuan mendengarkan oranglain itu ternyata tidak mudah dan tidak dimiliki oleh semua orang. Saya pun sebenarnya masih terus berproses untuk belajar bagaimana menjadi seorang pendengar yang baik bagi semua lawan bicara saya. Sering saya temui beberapa orang yang inginnya selalu bercerita, selalu ingin didengar, dimengerti oranglain. Tetapi sulit untuk menaruh minat pada cerita atau masalah orang lain. We humans love to talk and there is nothing wrong with that….tapiiii alangkah lebih baiknya jika kita juga senantiasa berlatih untuk menjadi good listener buat lawan bicara kita. Emang kenapa sih skill ini diperlukan?emang apa sih untungnya kalo punya skill ini? Nah berikut beberapa alasannya:

  • Cara Pandang Menjadi Lebih Luas

Biasanya orang yang punya skill untuk mendengarkan orang lain itu pasti lebih bijak cara berpikirnya. Gak heran sih, karena mereka terbiasa untuk mendengarkan cerita-cerita orang lain yang bisa mereka jadikan sebagai bahan pembelajaran. Selain itu, mereka juga bisa melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda. Menurut saya, orang yang bisa mendengarkan orang lain dengan baik itu punya kesempatan lebih besar dan lebih cepat untuk belajar sekaligus mengembangkan dirinya daripada orang lain yang hanya senang berbicara

  • Membangun hubungan baik dengan orang lain
  • Lebih dihargai dan disukai orang lain

Dengan menjadi seorang pendengar yang baik tentunya dapat membuat kalian menjadi orang yang dapat dipercaya oleh orang lain. Selain itu orang yang bisa mendengarkan orang lain biasanya juga lebih dihargai dan disukai banyak orang. Siapa sih yang gak suka sama orang yang bisa dengerin cerita kita, terlebih lagi kalo dia bisa ngasih feedback setelah kita cerita? Ya, saya yakin pada dasarnya semua orang itu senang jika diperhatikan dan didengar. Belajar untuk saling menghargai dan mengerti satu sama lain itu penting dalam membangun hubungan dengan orang lain. Jadi yuk kita sama-sama belajar untuk menjadi pendengar yang baik buat oranglain 🙂

“Most of the successful people I’ve known are the ones who do more listening than talking.”
– Bernard M. Baruch

Advertisements