Esprit De Corps???

kerjasama_tim
     Mendapatkan amanah menjadi seorang Deputi Internal di BEM tahun kemarin merupakan proses pembelajaran yang luar biasa buat gue pribadi. Satu tahun ngejalanin peran ini ternyata sama sekali gak mudah. Awalnya gue kira tugas Depin ya gitu-gitu aja: ngasih semangat ke seluruh anggota, bikin acara teambuilding atau bikin kegiatan kumpul-kumpul semacamnya. Tapi ternyata gue baru sadar bahwa tugas depin tuh lebih dari sekedar itu, semua kegiatan buat jaga internal sebuah organisasi itu tenyata harus pake hati dan juga otak. Lo gak bisa nyemangatin orang kalo lo sendiri gak semangat, lo gak bisa nyuruh seluruh anggota lo happy ngerjain kerjaannya kalo lo sendiri bete mulu dan lo gak bisa ngasih ‘treatment’ yang pas kalo lo gak berusaha mengenali karakter mereka satu per satu.
       Kalo ditanya indikator keberhasilan seorang Deputi Internal itu apa, ya cuma satu jawabannya, apakah seluruh anggota lo merasakan kenyamanan dan adanya nilai kekeluargaan gak di organisasi tersebut. Kalo mayoritas merasa nggak merasakan hal itu, ya bisa dibilang kinerja lo sebagai depin kurang, tapi sebaliknya kalo mayoritas anggota ternyata sudah merasakan adanya nilai tersebut, ya mungkin lo bisa merasa sedikit lega dan bangga.
          Menurut gue kondisi internal sebuah organisasi/kepanitiaan sangatlah berpengaruh kepada kinerja orang-orang di dalamnya.  Di dalam sebuah organisasi atau kepanitiaan, khususnya yg bersifat non-profit, yang bisa buat lo bertahan disitu ya cuma 2 hal, yaitu: komitmen dan keadaan internal yang baik. Sebanyak apapun tugas lo atau secapek apapun lo ngejalaninnya, kalo lo bersama orang-orang yang bisa bikin lo nyaman ya menurut gue itu sangat bisa mengurangi beban lo. Maka dari itu, esprit de corps merupakan hal yang penting untuk ditanamkan dalam sebuah tim. Ungkapan esprit de corps yang berarti semangat loyalitas yang dimiliki oleh anggota tim untuk memprioritaskan keutuhan tim.
Dan esprit de corps bisa tumbuh melalui rasa kenyamanan yang dibangun bersama.

So are you dare to build that esprit de corps with us? #Envihsa2017 #BersamaMenginspirasi

Reference:
– Boyle, Stephen. (2007). Organizational Identity or Esprit De Corps? The Use of Music in Military And Paramilitary Style Organisations
– Larasati, Nisa. (2016). Grand Design Envihsa FKM UI 2017
Advertisements

2 thoughts on “Esprit De Corps???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s