Catatan Anak Magang

8 September 2017 adalah hari terakhir gue menjadi anak magang. Sebelumnya, di hari Rabu tanggal 6 September gue dan teman-teman udah melewati presentasi akhir dan secara resmi diserahkan kembali ke pihak HRD. Ada sedih, ada seneng, ada terharu juga rasanya sudah ada di titik ini. Perasaan baru kemaren gua uring-uringan nyari tempat magang eh sekarang udah kelar cuy 😥 #ByeMagang #HaiSkripsi #HAHAGAYALU #MohonDoanyaGuys

Buat temen-temen yang belum tau gue magang dimana…..jadi gue magang  di PT. Ultrajaya Milk Industry, divisi Food Safety. Iye tau background gua emang gak nyambung-nyambung amat sebenernya tapi ya karena emang pernah dapet matkul terkait keamanan pangan dan tertariknya disitu yaudah milih topiknya ya itu. Di minggu-minggu awal gue disuruh banyak belajar dengan cari-cari referensi mengenai dasar-dasar keamanan pangan. Cukup bikin puyeng sih tapi Alhamdulillah semuanya bisa dilewati dengan lancar. Kuncinya ya nikmatin aja semua prosesnya & gak gampang nyerah #AZHEK

Kalo boleh flashback sebentar…rasanya gue gak bisa berenti ngucap syukur sama Allah. Bener-bener berkah ramadhan kali ya. Jadi perjalanan awal gue magang ya kayak prosedur magang pada umumnya, kirim proposal ke perusahaan yang dituju terus tinggal follow up aja deh. Sumpah ini harus gigih banget, gak boleh gampang nyerah pokoknya. Terus setelah followup berkali- kali akhirnya dapet juga tuh jawaban “Ya, kalian bertiga diterima untuk PKL disini.” Ya Allah denger kalimat itu kayaknya seneng banget cuy kayak abis ketemu doi #HAHA #APAANSI. Ohiya sebelumnya gue mau ngasih tau kalo gue magang gak sendirian, gue berjuang bersama 2 orang manusia unik bernama: Shafira & Agis. Ntar ajadeh nyeritain mereka, yang jelas gue bersyukur banget magang bersama dua manusia ini hehe luvluv ❤

Lanjut ke cerita maganggggg, yaudah dimulai dari hari pertama dulu deh, hari pertama itu dapet banget tuh deg-degannya. Pagi itu kita bertiga disuruh nunggu di pos satpam dulu terus dianterin ke bagian hrd, terus bapak hrd nya langsung nyuruh kita ganti seragam dulu…..eng ing eng dengan muka planga plongo kebingungan kita menuju sebuah ruangan loker-loker gitu trs masing-masing dari kita dikasih kunci loker. Di dalem lokernya udah ada seragam. Abis ganti seragam kita langsung diantar ke divisi Food Safety-nya, diserahin ke Pembimbing Lapangan kita, namanya Pak Vinno. Eh ternyata di dalem ruangan itu udah ada 3 anak PKL juga, cewe semua, ternyata mereka dari UNPAS jurusan Tekpang. Mereka bertiga udah mulai magang dari seminggu yang lalu sebelum gua & teman2 dateng. Yaudah tuh terus disuruh perkenalan, ditanyain topik & tujuannya terus ditanyain apa yg udah kita pelajari terkait keamanan pangan di kuliah HAHAHA ini bagian paling kampring menurut gua….untung H-1 mulai magang kita belajar dulu jadi gak kopong-kopong amat (tapi jangan salah, udah belajar aja kita masih bingung & penuh keraguan dalam menjawab pertanyaan dari bapaknya haha malu-maluin asli). Alhasil di minggu-minggu awal kita disuruh banyak belajar dulu tuh terkait keamanan pangan, ya setidaknya dasar-dasarnya kita paham dulu deh. Jujur di minggu awal gua & agis udah mulai rada goyah tuh karena merasa bukan bidang kita banget (environmental health)…mulai kepikiran apa ganti tema proposal aja kali ya, kita kayaknya lebih cocok di divisi HSE gaksih huhu 😥 Tapi pada akhirnyaaa pikiran-pikiran itu berhasil kita singkirkan, kita mulai fokus dan niatin belajar pelan-pelan mengenai Food Safety. Pokoknya kita bertiga bertekad untuk nyelesaiin magang ini bareng-bareng, saling bantu & selalu nguatin satu sama lain. Dan Alhamdulillah kita diberi kemudahan trs sama Allah sampai detik ini :’)

Di minggu-minggu awal selain tugas kita untuk cari-cari referensi, kita diajak juga keliling-keliling buat liat proses produksinya (mulai dari penerimaan freshmilk sampai proses di warehouse). Seneng banget gila kayak bocah yang diajak keliling ragunan. Hahaha sumpah dah gak boong wkwk. Gue jadi tau ohhh selama ini susu yang gua minum dibuatnya kayak gini toh, rumit juga ya tapi ternyata itu yg ngebuat produk-produknya aman & berkualitas. Ea Mantap. Udah cocok belom gua jadi ambassador ultra?HEHEHE. Terus tiap abis diajak keliling-keliling, kita harus buat resume gitu trs nanti pas mau pulang bapaknya ngereview, nanya2 gitu deh buat mastiin aja kita udah paham atau belom, kita dengerin penjelasannya atau nggak. Santai aja jawabnya tapi serius.

Nah gue banyak belajar dari pak vinno bahwa dalam bekerja kita gak harus selamanya dibawa serius. Pegel cuy kalo serius mulu. Ntar cepet berkerut tuh muka haha. Bapaknya tuh ternyata notice di hari-hari awal gue mencoba menjadi Putri yang pembawaannya serius (ini karena gue dipesenin nyokap sebelumnya buat ngurangin sifat gua yang cengengesan). Ya terus gue di minggu awal kan adaptasi dulu lah, observasi orang-orang lingkungan sekitar jadi ya gue mencoba jaga sikap dulu gitu maksudnya. Eeeeh pas di hari ke berapa gitu, di comment lah gua, katanya muka gua jutek banget kayak mau nendang orang lah, mirip ibu-ibu auditor lah wkwkwk siaul padahal emang muka serius gua ya begitu. Beruntungnya gua dapet PL (Pembimbing Lapangan) yang gak suka terlalu serius gitu. Ya gua disuruh lebih rileks aja & lebih banyak senyum gitu. Dan semoga bapaknya gak menyesal ya abis ngomong itu, karena sifat Putri yang asli pun perlahan mulai keluar HAHAHA

IMG_20170807_073110

#Day1 (sebelum berangkat magang): 
Muka Ceria, Penuh Energi & Semangat, Sedikit Deg-degan

IMG_20170807_163051

#Day1 (setelah selesai magang):
Muka Kucel, Penuh Tekanan namun Tetap Tersenyum &  Sedikit Rindu Rumah
(FYI: Agis homesick sampe nangis malemnya HAHAHA)

This slideshow requires JavaScript.

Ini foto-foto candid pas keliling liat proses produksi
(haha ternyata muka gua emang agak sangar jutek menyebalkan gitu ya kalo lagi serius hufty)

1502989528818

Ini abis di ajak keliling liat proses pengelolaan limbah gitu. Btw ini dia teman-teman seperjuangan dalam 1 bulan terakhir ini :’)
(Agis – Shafira – Gue (Puchae)- Fitry- Bunga- Vinny)

Kayaknya segitu dulu ya yang bisa gue ceritain. Nanti pasti akan gue lanjutin lagi dengan pengalaman seru lainnya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat siapapun yang baca & sebagai pengingat gue untuk selalu bersyukur krn sudah berada di titik ini. Salam Semangattt!!!! 🙂

“Push yourself to do more. Do not accept a life of average. Work hard, train hard and be the best that you can be.”

Advertisements

2 thoughts on “Catatan Anak Magang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s